Jumat, 15 Oktober 2010

Independensi Korpri

Independensi Korpri

Independen dapat berarti 'bebas', 'merdeka' atau 'berdiri sendiri'.
Korps Pegawai Republik Indonesia, atau disingkat Korpri, adalah organisasi di Indonesia yang anggotanya terdiri dari PNS, pgawai BUMN, BUMD, dan perangkat Pemerintah Desa.
Korpri yang saat ini telah berusia 39 tahun merupakan wadah untuk menghimpun seluruh Pegawai Republik Indonesia diharapkan menjadi ujung tombak reformasi birokrasi diIndonesia. Selama orde baru, selama 30 tahun Korpri dijadikan alat kekuasaan untuk melindungi pemerintah yang berkuasa waktu itu. Namun sejak era reformasi, Korpri berubah menjadi organisasi yang netral dan independen, tidak berpihak terhadap partai politik tertentu meski terikat secara kedinasan.
Korpri jangan sampai menjadi alat penguasa apalagi masuk dalam ranah politik. Korpri sudah jelas tempatnya sebagai kelompok independen. Oleh karena itu, dalam setiap pemilu atau pilkada di daerah, anggota Korpri jangan sampai terlibat dalam politik praktis. Karena jika terlibat maka kualitas dalam memberikan pelayanan publik akan melenceng dan tidak optimal.
Meskipun Korpri tidak menjadi alat penguasa namun tetap menjadi mitra pemerintah dan selalu dekat dengan pemerintah untuk melaksanakan tujuan bersama membangun bangsa dan negara. Untuk itu marilah kita jadikan Korpri sebagai salah satu alat pemersatu bangsa. Karena di era reformasi seperti sekarang ini banyak kekuatan yang berusaha menarik keluar atau ingin memecah belah tanpa kita sadari, sehingga upaya tersebut harus tetap kita waspadai. waspadalah. waspadalah!!!

Tidak ada komentar: